Rabu, 02 September 2015

Budaya, Makanan, Ciri khas Nganjuk


     Budaya merupakan suatu kebiasaan atau perilaku masyarakat di daerah tertentu, budaya juga merupakan suatu proses yang dinamis serta memiliki nilai-nilai dan norma-norma kehidupan yang berlaku dalam tata cara pergaulan masyarakat tertentu. Dari budaya tersebut maka terciptalah ragam-ragam kebiasaan masyarakat, diantaranya
bahasa daerah, kesenian, tari, musik, dan upacara adat. Semua ini adalah hasil dari bagian budaya. Budaya juga bisa dijadikan identitas suatu daerah.
     Setiap daerah pasti mempunyai budaya sendiri-sendiri. Meskipun terkadang terdapat kesamaan dari daerah lain. Demikian juga Kabupaten Nganjuk. Kabupaten Nganjuk memiliki banyak keragaman budaya, misalnya: tarian, makanan khas, upacara adat, dan sebagainya. Kesadaran masyarakat akan kayanya budaya Kabupaten Nganjuk sangatlah kurang. Banyak diantara masyarakat Nganjuk sendiri yang tidak mengerti tarian-tarian khas daerah mereka. Apalagi pemuda zaman sekarang, bahkan mereka acuh terhadap kekayaan budaya daerah mereka. Mereka lebih tertarik kepada budaya barat yang sering kali membawa dampak negatif. Mereka baru akan sadar jika budaya mereka diklaim bangsa lain. Oleh karena itu penting bagi kita untuk membahas keragaman budaya Kabupaten Nganjuk.

Budaya Tradisional
Banyak kesenian-kesenian Kabupaten Nganjuk diantaranya:
  1. Tari Tayub
  2. Wayang Timplong
  3. Tari mung dhe
  4. Jaranan

Makanan Khas:
  1. Nasi Becek
  2. Dumbleg
  3. Onde-onde Njeblos
  4. Nasi Pecel
  5. Nasi Sambal Tumpang
  6. Krupuk Upil

Sumber: Nuraini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar